Delegasi Pakar Habitat Puji Paparan Walikota Surabaya

0
521

Liputan1.com-Delegasi Pakar Habitat Puji Paparan Walikota Surabaya

Puluhan Delegasi Pakar Habitat yang hadir pada acara The Third Session Preparatory Committe III for Habitat ini memberikan respon positif atas paparan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini tentang keberhasilannya dalam upaya menata Kota Surabaya.

Bahkan beberapa dari mereka berujar “it’s a wonderful presentation” dalam pemaparan yang dilengkapi slide foto itu. Enam orang panelis yang merupakan pakar di bidang habitat, juga merespons positif paparan wali kota. Salah satunya Rose Molokoane dari Slum Dwellers International (SDI).

“Saya melihat foto-foto nya. Dan itu sangat nyata,” ujar Rose Molokoane, di ruang Crystal, Grand City Convex, Selasa (26/7).

Menurut dia, penting untuk memunculkan komitmen dari apa yang kita sampaikan. Di sinilah pentingnya peran pemerintah.

“Terkadang mudah untuk mengatakan tetapi sulit mengimplementasikannya. Presentasi ini nyata melibatkan warga dalam pembangunan,” tegas delegasi asal Afrika Selatan ini.

Paparan yang disampaikan wali kota perihal penataan kampung juga mendapat apresiasi dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono.

Menurut Menteri kelahiran Surakarta ini, tidak mudah untuk mengajak masyarakat agar mau peduli pada lingkungan tempat tinggalnya. Tetapi, Wali Kota Risma mampu melakukannya.

Semua orang sangat terinspirasi dengan apa yang dilakukan Kota Surabaya, serta peran masyarakatnya. Sebab, tidak gampang sampai pada level ini.

“Mungkin kalau saya sekarang nginjak taman, yang marah bukan lagi Wali kota nya, tapi warga. Jadi peran serta masyarakat di sini sudah luar biasa,” jelas Menteri Basuki.

Menteri PUPR juga menyoroti perihal keberhasilan Pemkot Surabaya dalam penanganan kumuh melalui peran serta masyarakat. Dimana penanganan kawasan kumuh tidak hanya dilakukan oleh pemerintah. Tapi juga oleh masyarakat sendiri.

“Surabaya benar-benar jadi inspirasi habitat karena disitu telah merangkum regulasi, perencanaan dan juga pendanaan (financing),” sambung menteri yag piawai memainkan drum ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here