Islandia Lolos Perempat Final Piala Eropa 2016

0
351
Islandia Lolos Perempat Final Piala Eropa 2016

Liputan1.com–Islandia Lolos Perempat Final Piala Eropa 2016 setelah secara mengejutkan melaju ke perempatfinal Euro 2016 untuk menghadapi Prancis usai menghentikan perlawanan Inggris dengan skor 2-1 pada pertandingan 16 besar di Stade de Nice, Prancis, Selasa dini hari WIB.

Dua gol kemenangan pasukan Lars Lars Lagerback disumbangkan Ragnar Sigurdsson dan  Kolbeinn Sigthorsson setelah Inggris mencuri keunggulan lewat penalti Rooney di awal babak pertama.

Kemenangan ini membawa Gylfi Sigurdsson dan kolega masuk ke perempatfinal untuk menghadapi Prancis pada 4 Juli di Stadion Stade de France, Prancis.

Statistik UEFA mencatat bahwa Inggris mengusai laga dengan 63 persen kepemilikan bola berbanding 37. Anak asuh Roy Hodgson melepaskan 17 total sepakan yang berbuah satu gol, sementara Islandia cuma delapan tendangan tapi menghasilkan dua gol.

Pada jalannya laga, Inggris unggul 1-0 dari eksekusi penalti Wayne Rooney menyusul pelanggaran Thor Halldorsson terhadap Raheem Sterling yang lolos dari jebakan offside pada menit 4.

Keunggulan The Three Lions tidak berlangsung lama karena tendangan keras Ragnar Sigurdsson dari umpan Kari Arnason berhasil menembus gawang Joe Hart pada menit 6.

Islandia bahkan berbalik unggul 2-1 berkat gol Kolbeinn Sigthorsson usai meneruskan bola dari Boedvarsson. Joe Hart sebenarnya sempat menangkap bola itu, namun terlepas dan menggelinding masuk ke gawang pada menit 19.

Baca Juga :  Hodgson mundur setelah Inggris tersingkir

Harry Kane mengancam gawang Islandia melalui sepakan voli setelah mendapatkan bola operan dari Sturridge pada menit 28. Skor 1-2 bertahan hingga istirahat.

Pada awal babak kedua, Inggris melakukan pergantian pemain di mana Jack Wilshere masuk menggantikan Eric Dier.

Islandia kembali menekan Inggris melalui aksi Sigurdsson yang melepaskan tembakan akrobatik yang masih mampu diamankan Joe Hart pada menit 57.

Tendangan Alli dari umpan Sturridge juga melambung ke atas gawang Halldorson pada menit 62.

Jamie Vardy yang masuk menggantikan Sterling nyaris menyamakan kedudukan jika penetrasinya dari sisi kiri tidak dihalangi bek Islandia Sigurdsson, skor tetap 1-2 untuk pasukan Lars Lagerback.

Tandukan Kane dari umpan diagonal Wilshere bukan masalah untuk kiper Islandia Halldorsson pada menit 80.

Saat Inggris sibuk menyerang, Gunnarsson mencuri serangan balik untuk berhadapan langsung dengan Joe Hart. Beruntung kiper Manchester City itu berhasil mementahkan sepakan Gunnarsson pada menit 84.

Hodgson melakukan pergantian pemain terakhir dengan menarik Wayne Rooney untuk memainkan Marcus Rashford tiga menit sebelum laga bubar.

Rashford yang beroperasi di sisi kiri beberapa kali merangsek ke kotak penalti Islandia kendati ia tidak bisa mengirimkan umpan karena gerakannya sudah dikawal bek-bek Islandia. Skor 2-1 untuk kemenangan Islandia bertahan hingga laga usai.

Susunan pemain kedua tim dilansir dari UEFA:

Inggris (4-3-3): Joe Hart (G), Walker, Rose, Cahill, Smalling, Rooney (Marcus Rashford), Dier (Wilshere), Alli, Sturridge, Kane, Sterling (Vardy).

Islandia (4-4-2):
Halldórsson (G), B. Sævarsson, Arnason, R. Sigurdsson, A. Skúlason, Gudmundsson, B. Bjarnason, G. Sigurdsson, A. Gunnarsson, Sigthórsson (Elmar Bjarnason), Bodvarsson

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here