Usai TDL, Giliran Wayang Ajen yang On Kibarkan Kuningan

0
20

LIPUTAN1.COM, KUNINGAN – Kabupaten Kuningan sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Jawa Barat tidak pernah berhenti bergeliat. Setelah diramaikan seratusan pembalap dari berbagai negara di Tour de Linggarjati 2017, pekan ini, Kabupaten Kuningan akan kembali dibuat semarak oleh Wayang Ajen.

Show wayang zaman now itu akan on pada 9 Desember 2017. Yang penasaran, silakan langkahkan kaku ke Alun-Alun Pandapa Paramarta, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Show spektakulernya bisa disaksikan mulai pukul 20.00 WIB hingga selesai.

“Kami ingin membuat Kuningan terus berkibar. Destinasi-destinasi wisatanya kian dikenal. Wisatawan pun akan semakin banyak yang berkunjung,” ujar Deputi Bidang Pengembangan dan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Esthy Reko Astuti didampingi Kabid Promosi Wisata Budaya Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Wawan Gunawan, Selasa (5/12).

Lebih lanjut ia mengatakan, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan promosi pariwisata Kabupaten Kuningan. Termasuk suguhan wayang kekinian “Wayang Ajen” dapat mengangkat potensi destinasi yang sangat luar biasa dan memiliki keunikan di Kabupaten Kuningan.

“Banyak destinasi wisata di Kabupaten Kuningan. Ini yang harus kemudian kita tata, gali dan maksimalkan dengan promosi. Salah satunya melalui seni pertunjukan yang akan meningkatkan promosi wisata Kabupaten Kuningan,” ujar Esthy.

Bupati Kuningan Acep Purnama mengatakan, kehadiran pagelaran Wayang Ajen selain sebagai tontonan dan hiburan, sekaligus sebagai upaya mempromosikan potensi pariwisata Kabupaten Kuningan.

Pariwisata sendiri ujar Acep telah ditetapkan sebagai salah satu sektor unggulan. Tak ayal ke depannya akan banyak lagi event-event yang dapat mengangkat pariwisata Kabupaten Kuningan.

“Kami memiliki 14 objek wisata yang sudah tertata dan puluhan lainnya yang mempunyai potensi pengembangan, delapan event budaya tahunan, empat situs sejarah dan didukung oleh sarana akomodasi 37 hotel dan penginapan,” kata Acep Purnama.

Acep juga mengatakan, akses ke Kuningan saat ini sangat mudah setelah dibukanyanya Tol Cikapali (Jakarta-Kuningan hanya 3,5 jam). Ada juga Tol Cisumdawu dan segera dibuka Bandara Internasional Kertajati yang akan memudahkan wisatawan berkunjung ke Kabupaten Kuningan.

“Diharapkan dengan suguhan acara ini, seni dan budaya khas Kabupaten Kuningan juga akan ikut terangkat,” ujar Acep Purnama.

Urusan pariwisata, Kabupaten Kuningan memang memiliki banyak potensi. Mulai dari wisata sejarah seperti Gedung Pertemuan Linggarjati hingga wisata alam seperti Taman Nasional Gunung Ciremai dan deretan air terjun cantik.

Kabupaten Kuningan juga dikenal dengan kelezatan kuliner khasnya seperti tapai ketan, jeniper dan lainnya. Kuningan juga dikenal dengan barang-barang kerajinan yang sangat indah.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut baik terus digulirnya promosi Pesona Indonesia melalui seni pertunjukan. Ia berharap suguhan Wayang Ajen dapat menjadi pemantik pertumbuhan seni dan budaya masyarakat di Kabupaten Kuningan.

“Kekuatan Wayang Ajen adalah budayanya. Ada perpaduan harmonis antara nilai tontonan dengan tatanan keharmonisan antara nilai nilai seni dengan pesan moral. Keseimbangan antara tontonan dan tuntunan dalam pertunjukan wayang ajen diolah secara profesional dan modern,” ujar Arief Yahya.

Ujungnya, ujar Menpar, pariwisata di Kabupaten Kuningan akan semakin bergeliat. “Semakin meningkatnya wisata di satu daerah, akan meningkatkan kunjungan wisata. Sehingga otomatis akan memberikan dampak langsung terhadap perekonomian masyarakat. Target jumlah kunjungan wisatawan nasional pun akan terdongkrak. Sehingga menjadikan pariwisata sebagai salah satu leading sector perekonomian nasional kian terwujud,” ujar Menpar Arief Yahya. (*)

LEAVE A REPLY