Waspadai Bahaya Makanan yang Dipanaskan

0
98
Istimewa

LIPUTAN1.COM-Biasanya, ketika memasak terlalu banyak di pagi hari dan tidak bisa langsung menghabiskannya, orang Indonesia memiliki kebiasaan tersendiri untuk memanaskan makanan di sore harinya. Alhasil, masakan di pagi hari bisa dijadikan makan malam.

Rupanya, ada beberapa makanan yang berbahaya untuk dikonsumsi ketika kamu panaskan. Tak semua makanan boleh dipanaskan dan dikonsumsi begitu saja. Ini 6 jenis makanan yang sebaiknya tidak dipanaskan, seperti yang dikutip dari Healthy Ways:

1. Kentang

Makanan pertama yang tidak boleh dipanaskan adalah kentang. Kentang menjadi salah satu makanan yang mengandung karbohidrat sehingga sebagai sumber tenaga. Dampaknya, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas dengan maksimal. Rupanya, kentang ini termasuk salah satu jenis makanan yang tidak boleh dipanaskan berulang kali. Proses pemanasan yang dilakukan pada kentang ternyata justru membantu perkembangan bakteri yang berbahaya untuk tubuhmu. Untuk itu, jauh lebih baik jika kamu langsung menghabiskannya hari itu juga.

2. Telur

Makanan kedua yang tidak boleh dipanaskan adalah telur. Kamu pasti tahu bahwa telur merupakan sumber protein yang berasal dari unggas. Kandungan yang ada di dalam telur selain protein, ada vitamin A, vitamin B6, kalsium, dan B12. Namun, jika telur dipanaskan dalam suhu yang tinggi, akan ada  racun yang muncul dari dalam telur dan menimbulkan dampak negatif untuk kesehatan pencernaanmu.

3. Jamur

Makanan ketiga yang tidak boleh dipanaskan adalah jamur. Apabila ingin mengonsumsi jamur, akan lebih baik jika kamu langsung mengonsumsinya sesudah kamu masak. Walaupun kamu tidak akan langsung memakannya, cobalah untuk tidak dipanaskan lagi. Akan lebih baik jika kamu makan olahan jamur yang sudah dingin daripada harus memanaskannya kembali. Jamur yang kamu panaskan akan membuat komposisi proteinnya berubah sehingga nantinya mengubah rasanya. Tidak hanya mengubah rasanya, jamur yang dipanaskan juga bisa membuat sistem pencernaan jadi terganggu.

4. Seledri

Makanan keempat yang tidak boleh dipanaskan adalah seledri. Seledri biasanya akan kamu temukan ketika kamu memasak sup. Tak jarang sup akan kamu panaskan agar bisa dimakan lagi saat malam harinya. Perlu diingat, jika kamu ingin memanaskan sup yang ada seledrinya, sebaiknya buang dulu seledri itu. Seledri ini mengandung nitrat yang nantinya akan berubah jadi nitrit yang memiliki potensi menimbulkan zat karsinogenik alias zat pemicu kanker.

5. Nasi

Makanan kelima yang tidak boleh dipanaskan adalah nasi. Nasi menjadi salah satu makanan pokok bagi orang Indonesia. Perlu diketahui bahwa sebenarnya nasi tidak boleh dipanaskn. Hal ini dikarenakan akan ada perubahan suhu yang terjadi ketika kamu memanaskan nasi yang mampu membantu pertumbuhan bakteri yang akan menyebabkan diare, mual, dan muntah.

6. Ayam

Makanan keenam yang tidak boleh dipanaskan adalah ayam. Ayam ini seringkali dipilih sebagai salah satu menu makan sehari-hari karena harganya yang terjangkau dibandingkan dengan daging sapi. Namun, pada kenyataannya, daging ayam yang dipanaskan akan membuatmu mengalami gangguan pencernaan. Hal ini dikarenakan kandungan protein pada ayam akan berubah saat dipanaskan. Jika memang kamu ingin memanaskan ayam, lebih baik membuatnya jadi hangat saja.

LEAVE A REPLY