6 Makanan Beracun Ketika Dihangatkan

0
115
Ilustrasi Makanan

LIPUTAN1.COM, JAKARTA-Sudah jadi kebiasaan umum masyarakat Indonesia, terutama para ibu rumah tangga untuk menghangatkan makanan sisa agar bisa dikonsumsi kembali. Selain karena alasan efektif dan efisien, beberapa orang menghangatkan makanan untuk menambah selera makan, karena tidak suka makan makanan yang sudah dingin.

Namun, ada makanan lain yang ternyata tidak boleh dipanaskan kembali. 6 makanan ini bila dipanaskan lagi, bukannya menambah gizi, malah menjadi racun dan berbahaya bagi tubuh.

1. Nasi Sisa

Nasi merupakan makanan wajib bagi masyarakat Indonesia, karena kandungan karbohidrat dan kalorinya menjadikan sumber energi utama. Namun, ketika kamu memanaskan kembali nasi sisa, maka akan menyebabkan pertumbuhan spora dan ketika suhu nasi tersebut mendingin kembali, spora tersebut akan berkembang biak. Spora ini akan menghasilkan bakteri dan kuman yang menyebabkan diare dan muntah-muntah.
Sebaiknya nasi yang telah matang dan dingin terlebih dahulu dimasukkan ke dalam kulkas selama 12 jam sebelum dipanaskan kembali.

2. Ayam

Ayam memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Protein pada ayam akan berubah saat ayam dingin dipanaskan ulang. Risiko yang bisa terjadi adalah masalah pencernaan. Namun, ayam bisa dikonsumsi ulang setelah dipanaskan asalkan suhunya sangat panas, namun dengan proses itu, banyak nutrisi yang terbuang.

3. Telur

Sama seperti ayam, telur merupakan sumber protein yang memiliki banyak nutrisi baik untuk tubuh Mulai dari vitamin A, kalsium, Vitamin B6 dan B12, fosfor dan tentunya protein dengan kadar yang tinggi.
Namun, jika telur tidak dimasak dengan sempurna, mereka bisa menyebabkan keracunan makanan. Telur yang dimasak sebaiknya tidak pernah ditinggalkan dari kulkas selama lebih dari dua jam, karena penyakit yang menyebabkan bakteri dapat tumbuh pada mereka. Apalagi telur yang kembali dipanaskan.

4. Jamur

Selain sebagai sumber protein, jamur juga kaya akan kandungan mineral, vitamin, asam amino dan anti oksidan.
Protein dalam jamur bisa rusak segera setelah dipotong. Begitu juga dengan jamur yang dipanaskan kembali, nutrisinya sudah tidak sama lagi dengan jamur alami.

5. Kentang

Kentang banyak mengandung zat besi dan tembaga yang sangat baik untuk nutrisi otak. Selain itu, kentang juga memiliki kandungan karbohidrat yang mudah dicerna sehingga baik untuk kesehatan lambung.
Tapi ternyata, kentang jika dipanaskan berulang kali dapat mengeluarkan senyawa beracun. Kentang dapat menjadi sumber bakteri yang disebut Clostridium botulinum. Bateri itu bisa menyebabkan botulisme. Botulisme adalah penyakit langka yang bisa menyebabkan kelumpuhan.

6. Bayam

Bayam adalah salah satu sayuran yang banyak mengandung zat besi, selain vitamin dan serat yang tinggi. Itulah kenapa setelah beberapa jam dimasak bayam akan berwarna kehitaman. Jika dipanaskan berulang kali, kandungan nitrat yang ada dalam bayam akan berubah menjadi nitrit dan memunculkan zat karsinogen yang dapat memicu kanker.

LEAVE A REPLY